12.56

Pengetahuan Mengenai Roller Coaster

Diposting oleh Roller Coaster

Jangan cuman bisa naik roller coaster, tapi kita harus mengerti bagaimana Roller Coaster itu dapat berfungsi, hehe.

Mesin Penggerak

Lifthill (Chain Lift)

Pada Roller coaster yang lama (tradisional), kereta roller coaster tidak menggunakan mesin sendiri untuk dapat bergerak.
Kereta roller coaster akan ditarik oleh rantai (chain lift) yang digerakan mesin hingga mencapai kecepatan 4,5 m/detik ke ketinggian tertentu dan kemudian dilepaskan.























Biasanya pada waktu menarik kereta terdengar bunyi tak-tak-tak. Bunyi ini merupakan rangkaian safety yang ditimbulkan oleh tungkai penahan kereta pada gerigi trak (Safety Dog), agar kereta tidak kembali mundur (anti rollback).

Dengan memanfaatkan ketinggian tersebut, setelah dilepas kereta roller coaster akan ditarik kembali oleh gaya tarik bumi, sehingga dapat bergerak menyelusuri alur trak (analognya anda tidak perlu mengayuh sepeda untuk menuruni bukit).

Powered Coaster

Kereta roller coaster jenis ini memiliki penggerak sendiri.
Umumnya menggunakan listrik yang dapat mengatur cepat atau lambat gerakan putaran motor roda kereta.



Pada jenis roller coaster ini tidak dapat dihasilkan akselerasi dan kecepatan yang tinggi.


Launched Coaster (catapult coaster)


Pada jenis roller coaster ini, kereta akan digerakan hingga mencapai kecepatan maksimal pada track horisontal dan selanjutnya dilepas.
Sebagai mesin penggerak start digunakan sistim hydraulik (cairan) , pneumatik (udara yang dikompresi) atau dapat juga LIM ( Lineare Induktions Motoren).

Sistim Hydraulik



Sistim pneumatik



Sistim LIM




Di taman hiburan Amerika, New Jersey "Six Flags Great Adventure", Kingda Ka roller coaster dengan

sistim hydraulik ini mencatat akselerasi rekord dunia yang dapat mencapai kecepatam 206 km/jam
dalam waktu 3,5 detik!!




Trak

Trak dapat terbuat dari kayu ataupun dari besi.

Trak kayu (wooden track)



Trak besi (steel track)




Roda roller coaster





Sistim Pengereman

Seperti halnya kereta , roller coaster juga dilengkapi dengan sistim pengereman, hanya sistim pengereman tidak terdapat pada kereta, melainkan pada trak.
Pada saat darurat komputer akan menghidupkan sistim hydraulik yang akan menggerakan jepitan besi (Fin brakes) yang terpasang pada trak diposisi tertentu. Jepitan ini akan menimbulkan gesekan pada roda kereta rollercoaster, sehingga akan menghambat gerakan dan akhirnya dapat menghentikan laju kereta.




Pada roller coaster yang moderen digunakan sistim pengereman magnet (Magnetic brakes).



Sistim ini dapat bekerja optimal sekalipun di waktu hujan.

Tip untuk yang senang roller coaster

Fz = m x v^2/r

m =masa [kg]
v= kecepatan [m/sec^2]
r= radius [meter]

Gaya centrifugal ini semakin besar jika radius kurva diperkecil atau kecepatan ditambahDengan melihat rumus diatas, anda dapat mengaplikasikannya pada tempat duduk mana anda dapat memperoleh efek (G<1)

Perawatan dan keamanan




Seperti semua benda teknik, rollercoaster agar berfungsi optimal harus dirawat dengan baik.

Seperti juga mobil yang mengalami gesekan, maka komponen yang sudah aus pada rollercoaster harus segera diganti!


0 komentar:

Posting Komentar